Contoh Hewan Porifera: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Contoh Hewan Porifera: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Berikut adalah artikel tentang Hewan Porifera yang kami tulis dengan tujuan membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang hewan ini. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami informasi yang lebih rinci tentang hewan ini dan juga membantu Anda dalam mencari informasi yang Anda butuhkan.

Pengertian Hewan Porifera

Hewan Porifera atau spons adalah hewan yang hidup di air dan berbentuk seperti spons. Hewan ini biasanya ditemukan di laut, tetapi juga dapat ditemukan di air tawar. Hewan porifera tidak memiliki jaringan yang kompleks dan sistem organ, namun hewan ini dapat bertahan hidup dengan cara memfilter air dan menangkap partikel makanan yang melintas di dalamnya.

Struktur Tubuh Hewan Porifera

Struktur tubuh hewan porifera terdiri dari tiga bagian utama, yaitu poros, osculum, dan mesohil. Poros adalah bagian yang berfungsi sebagai lubang masuk air, sedangkan osculum berfungsi sebagai lubang keluar air. Mesohil adalah bagian dalam spons yang mengandung sel-sel amuba dan serat-serta yang bertanggung jawab untuk membuat struktur tubuh spons.

Klasifikasi Hewan Porifera

Hewan Porifera dibagi menjadi beberapa kelas, antara lain:

  1. Demospongiae
  2. Calcarea
  3. Hexactinellida

Setiap kelas memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Demospongiae memiliki banyak spesies, lebih dari 90% dari semua spesies spons, dan biasanya ditemukan di air laut yang hangat.

Reproduksi Hewan Porifera

Hewan Porifera dapat bereproduksi secara seksual maupun aseksual. Pada reproduksi seksual, sperma dan sel telur dikeluarkan oleh individu yang berbeda dan kemudian disatukan. Pada reproduksi aseksual, spons membelah diri dan kemudian regenerasi, menghasilkan dua individu baru.

Manfaat Hewan Porifera

Hewan Porifera memiliki manfaat yang cukup penting bagi manusia. Beberapa spesies hewan ini mengandung senyawa yang digunakan dalam industri kosmetik dan farmasi. Selain itu, beberapa spesies hewan porifera juga digunakan sebagai bahan makanan.

Kesimpulan

Hewan Porifera adalah hewan yang hidup di air dan berbentuk seperti spons. Hewan ini tidak memiliki jaringan yang kompleks dan sistem organ, namun mampu bertahan hidup dengan cara memfilter air dan menangkap partikel makanan yang melintas di dalamnya. Struktur tubuh hewan porifera terdiri dari poros, osculum, dan mesohil. Hewan porifera juga dapat bereproduksi secara seksual maupun aseksual dan memiliki manfaat yang cukup penting bagi manusia.

DONASI ONLINE Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain www.dwin.eu.org Thank.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar