Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Hewan Arthropoda

Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Hewan Arthropoda

Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Hewan Arthropoda
Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Hewan Arthropoda


Arthropoda adalah kelompok hewan yang paling beragam, dengan lebih dari 1 juta spesies yang ditemukan di seluruh dunia. Hewan Arthropoda memiliki karakteristik khas berupa tubuh yang tersegmentasi dan dilengkapi dengan exoskeleton (tulang luar) yang keras dan fleksibel. Selain itu, Arthropoda juga memiliki anggota badan berupa kaki atau cakar yang bercabang, serta sepasang antena yang digunakan untuk penginderaan.

Arthropoda dibagi menjadi beberapa kelas, antara lain Insecta (serangga), Arachnida (labalaba, kalajengking, dan sejenisnya), Crustacea (udang, kepiting, dan lobster), serta Myriapoda (lipan dan sejenisnya). Setiap kelas memiliki ciri khas yang membedakannya dari kelas lain.

Kelas Insecta

Kelas Insecta (serangga) merupakan kelas Arthropoda yang paling banyak jumlah spesiesnya, dengan lebih dari 900 ribu spesies yang telah diidentifikasi. Serangga memiliki tiga bagian tubuh, yaitu kepala, thorax, dan abdomen. Serangga memiliki enam kaki, sepasang sayap (bila ada), dan sepasang antena yang digunakan untuk mengenali bau dan rasa.

Contoh serangga yang sering kita temukan di sekitar kita antara lain capung, lalat, lebah, semut, dan kupu-kupu.

Kelas Arachnida

Kelas Arachnida (labalaba, kalajengking, dan sejenisnya) memiliki tubuh yang terdiri dari dua bagian, yaitu cephalothorax dan abdomen. Mereka memiliki delapan kaki, serta tidak memiliki sayap dan antena. Sebagian besar Arachnida bersifat karnivora.

Contoh Arachnida yang sering kita temukan antara lain labalaba, kalajengking, dan tungau.

Kelas Crustacea

Kelas Crustacea (udang, kepiting, dan lobster) memiliki tubuh yang terdiri dari dua atau tiga bagian, yaitu kepala, thorax, dan abdomen. Mereka memiliki sepasang antena dan lebih dari empat kaki. Sebagian besar Crustacea hidup di air.

Contoh Crustacea yang sering kita temukan di sekitar kita antara lain udang, kepiting, dan lobster.

Kelas Myriapoda

Kelas Myriapoda (lipan dan sejenisnya) memiliki tubuh yang terdiri dari banyak bagian, yaitu kepala dan banyak segmen badan. Mereka memiliki banyak kaki, biasanya lebih dari 10 pasang, serta tidak memiliki sayap dan antena. Myriapoda hidup di lingkungan yang lembab dan gelap.

Contoh Myriapoda yang sering kita temukan antara lain lipan dan kelabang.

Kesimpulan

Arthropoda adalah kelompok hewan yang paling beragam di dunia, dengan lebih dari 1 juta spesies yang telah diidentifikasi. Kelas Arthropoda dibagi menjadi empat, yaitu Insecta, Arachnida, Crust
DONASI ONLINE Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain www.dwin.eu.org Thank.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar